Yesus Jawaban

16 December 2022

Mari kita memperhatikan ayat yang menjadi tema Natal kita kali ini, yaitu Matius 1:18-25. Dari ayat-ayat ini kita akan mendengarkan firman Tuhan, sesuai dengan tema yang diberikan yaitu, "Dia Datang Pasti Ada Jawaban".

Yesus adalah jawaban atas semua permasalahan hidup manusia. Kelahiran-Nya ke dalam dunia ini adalah untuk menjawab semua pergumulan kita.


Yesus jawaban atas masalah apa saja?

Berdasarkan ayat-ayat bacaan kita ini, mari kita perhatikan bersama-sama, jawaban atas masalah apa saja yang ada dalam diri Tuhan Yesus Kristus.



Pertama: Yesus jawaban atas persoalan keselamatan.

Matius 1:21, "Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka".

Setiap orang membutuhkan keselamatan. Banyak agama-agama yang mengajarkan jalan keselamatan.

Tetapi sesungguhnya sampai kapan pun keselamatan tidak akan kita dapatkan kalau kita berusaha meraihnya dengan kemampuan kita sendiri.

Keselamatan hanya ada dalam Tuhan Yesus Kristus. Keselamatan akan dianugerahkan Tuhan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.


Yohanes 3:16 menulis, "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal".

Juga dalam Yohanes 14:6 dengan jelas mencatat,"Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'".



Yesus adalah satu-satunya jawaban untuk pengampunan dan keselamatan yang kita perlukan.

Dialah satu-satunya yang berhak menghapuskan dosa-dosa kita, karena Dia telah mati untuk kita.

Dialah satu-satunya yang punya kuasa untuk menghapus segala dosa-dosa kita, karena Dia adalah Allah.

Karena Yesus jawaban atas persoalan keselamatan kita, untuk apa kita mencari jalan yang lain?



Kedua: Yesus jawaban atas persoalan ketakutan manusia.

Ketakutan adalah perasaan yang banyak menghinggapi manusia di dunia. Tuhan Yesus mengetahui banyak orang yang dilanda ketakutan.

Banyak hal yang terkadang menjadi alasan untuk orang merasa takut dan kuatir, bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.

Karena itu Yesus datang ke dalam dunia untuk menjadi jawaban atas persoalan ketakutan yang dialami oleh banyak manusia di bumi ini.

Beberapa kali ketika hendak menemui para tokoh-tokoh dalam Natal, mulai dari Yusuf, orang-orang Majus dan para gembala selalu diawali dengan perkataan "jangan takut".

Misalnya ketika menemui Yusuf, Tuhan berkata: "Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepada nya dalam mimpi dan berkata:'Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isteri mu...'" (Matius 1:21).



Ketiga: Yesus jawaban atas semua persoalan hidup manusia.

Banyak masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Seringkali banyak orang merasa depresi dan putus asa.

Sesungguhnya bagi orang-orang yang percaya kepada Tuhan, tidak ada alasan untuk mengalami ketakutan atau depresi.

Yesus adalah Allah Imanuel. Allah yang selalu beserta dengan kita.



"Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita". (Matius 1:23)

Allah kita adalah Allah yang Imanuel. Allah yang senantiasa beserta kita. Kalau Tuhan kita adalah Allah yang Imanuel, mengapa kita masih khawatir?



Matius 11:28 menulis, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,Aku akan memberi kelegaan kepadamu".

Apapun persoalan yang ada di hadapan kita, kalau kita menyertakan Tuhan dalam setiap langkah, pasti kita akan dimampukan dalam menghadapi apapun yang terjadi.


Yesus adalah jawaban.

Ada tiga hal yang sudah kita pelajari hari ini.

Pertama, Yesus atas persoalan keselamatan.

Kedua Yesus jawaban atas persoalan ketakutan manusia

dan yang ketiga, Yesus adalah jawaban atas semua persoalan hidup manusia.