Jika pikiran negatif menyerang, ini yang harus anda lakukan !

02 May 2018

Setiap hari kita pasti berharap hal-hal positif dan sesuai rencanalah yang akan terjadi. Kenyataannya banyak hal yang uncontrol yang harus kita hadapi. Parahnya, itu bisa mengubah mood kita seharian. Dan ketika mood kita sedang rusak, kejadian buruk akan menimpa kita bertubi-tubi, seperti merasa hari itu sedang sial.

Kita sudah merencanakan liburan dengan sempurna, tapi tiba-tiba cuaca menghalangi kita, jalanan macet total, ada barang tertinggal, atau kejadian buruk lainnya. Kita seolah-olah menyia-nyiakan jatah liburan kita. Dan pikiran buruk akan terus menyerang kita, sehingga liburan mengecewakan yang akan benar-benar terjadi.

Kisah lain, dikehidupan sehari-hari kita. Kita melakukan pekerjaan terbaik dan penuh integritas, tapi tiba-tiba ada rekan kerja kita yang bertampang manis memanipulasi atasan kita. Kita kesal setengah mati, ngerasani dibelakang, tapi hal negatif itu malah menyerang diri kita sendiri, sehingga hari kita jadi rusak.

Banyak faktor yang membuat kita bangun pagi berdoa baik untuk hari ini, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Kita kadang tidak bisa mengontrol hal-hal diluar kita, tapi kita bisa mengontrol SIKAP HATI kita.

 

Saya ada beberapa tips jika pikiran negatif itu menyerang :

  1.  Cari tempat teraman, jauh dari keramaian dan berdoalah.

Hentikan aktivitasmu sejenak, pergi ke gereja, atau tempat doa (seperti adorasi, dsb), yang membantu menciptakan suasana tenang. Ceritakan semuanya ke Tuhan yang menjadi masalahmu kini. Atau jika tidak sanggup menceritakannya pun,padanglah Salib Tuhan. Dia lebih menderita dari kamu! Jika ke tempat doa tidak memungkinkan, kamu bisa melakukannya di toilet sekalipun. Cari tempat ternyaman versimu, dimana kamu bisa menangis tanpa malu dilihat orang.

  1.  Lakukan sesuatu yang menyenangkanmu

Apa yang membuat kamu senang? Lakukanlah! Bukankah Tuhan juga ingin membuat anak-anakNya bahagia? Taruh sejenak kesibukannmu, rencanakan sesuatu yang memicu adrenalinmu, mengalihkan pikiran negatifmu. Misalnya membuat janji temu dengan teman lama, memasak menu baru, bernyanyi keras-keras, main games, mengingat setiap prestasi yang sudah kita buat, dsb.

  1.  Minum air dingin, makan coklat, melihat sesuatu yang hijau, tidur, makan buah dan sayur, olah raga.

Tips-tips fisik ini bisa dicoba juga untuk dilakukan jika pikiran negatif menyerang.

  1.  Berbicara dengan orang positif, membaca buku dan melihat tontonan yang membantu kamu berpikir positif.

Jika kamu punya mentor rohani, ada baiknya hal-hal negatif itu segera disharingkan di mentor rohanimu, sebelum penyakit berpikir negatif menjadi penyakit kronis. Jika tidak memiliki mentor rohani, kamu bisa menonton,mendengarkan, membaca banyak bacaan positif yang saat ini sangat mudah kita dapatkan secara gratis di intenet.

  1.  Komunikasikan dengan baik hal yang membuat moodmu berubah.

Jika memungkinkan komunikasikan hal tersebut ke sumber masalah dengan bahasa yang baik. Atau mungkin kita bisa tulis dulu semua hal yang menyebalkan itu,dan kita seleksi dengan bahasa yang baik agar tidak menyakiti orang tersebut. Jika berbicara langsung tidak memungkinkan, kita bisa ceritakan ke orang-orang terdekat yang bisa kita percaya. Mereka mungkin bisa memberi saran yang netral.

  1.  Klarifikasikan kembali hal-hal yang menjadi tujuan utamamu, jadilah kreatif. Toh segala sesuatu terjadi atas seijin Tuhan.

 

IKHLAS adalah kuncinya. Toh semua itu terjadi atas seijin Tuhan. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” (Yeremia29:11).

 Kalau sudah sembuh pikiran negatifmu, mari melangkah lagi! Jangan biarkan pikiran negatif merusak harimu. Temukan jalan lain, selamatkan hari mu. Tidak ada waktu buat memikirkan hal-hal negatif. Karena hidup terlalu singkat jika dibuat untuk tidak bahagia. Rugi sendiri. Selamat mencoba. J 

 

VQS - Pendengar Bahtera Yudha FM